Kreasi Kamar Tidur Anak



Rumah merupakan tempat istirahat ternyaman dan tenang setelah menjalankan aktivitas seharian yang melelahkan. Terlebih sambutan dari keluarga yang begitu hangat membuat suasan rumah menjadi lebih damai. Semakin berkembangnya zaman, rumah-rumah saat ini dibuat ruang-ruang dengan fungsi tertentu. Hadirnya anak akan semakin melengkapi kebahagian keluarga. Maka dari itu tidak hanya orang tua yang memiliki kamar, namun juga anak. Kamar tidur anak akan akan semakin lucu dengan ditambah mainan serta konsep yang mendukung.

Berbica mengenai kamar khusus untuk anak tentu tidak akan lepas dari karakter yang disukainnya. Anak yang semakin tumbuh dan berkembaang tentu akan berbeda konsep kamarnya. Misalnya ketika umur 5 tahun, dia lebih menyukai kamar dengan konsep doraemon sehingga semua yang ada di dalam kamar disesuaikan dengan ciri khas doraemon. Beranjak besar sedikit umur 12 tahun yang sudah mengenaal dunia baru seperti suka dengan karakter bunga dan warna pink.

Menurut ahli parenting, usia dua tahun itu masa-masa yang bagus untuk mengasah kemampuan kognitif anak. Maka dari itu, di usia tersebut, anak seharusnya sudah mempunyai kamar sendiri. Pada usia tersebut juga anak sedang mengalami masa aktif bermain dan tingkahnya yang begitu menggemaskan. Maka dari itu, dengan memiliki kamar sendiri membuat anak semakin mandiri dan akan lebih berhati-hati. 

Dengan begitu, konsep ruangan haarus didesain semenarik mungkin dan senyaman mungkin. Furnitur atau perlengkapan kamarpun harus tersedia, dengan begitu anak akan merasa lebih diperhatikan dan senang. Selain itu, Anda juga tidak boleh sembarangan dalam memilih konsep kamar bagi anak. 

Mendesain kamar tidur memang gampaang-gampang susah terlebih jika tidak sesuai dengan apa yang anak sukai. Antara anak perempuan dan anak laki-laki tentu memiliki desain yang berbeda. Oleh karenanya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat kreasi pada kamar tidur yang tentunya nyaman buat anak. Diantaranya adalah sebagai berikut:

l  Pemilihan konsep yang paling disukai oleh anak. Maka dari itu sebelum mengaplikasikan, tanyakan terlebih dahulu karakter apa yang paling di sukai.

l  Pemilihan warna, suasana kamar akan tercipta dengan pemilihan warna yang tepat. Akan lebih baik jika menggunakan warna-warna yang ceria dan tidak membosankan. Pilihlah warna yang membuat kamar terasa lebih longgar dan tidak terlihat memakan banyak ruang.

l  Pencahayaan. Anak akan lebih banyak menghabisakan waktu di kamar. Oleh karena itu pencahayaannyapun harus stabil pada siang maupun malam hari. Usahakan, di pagi dan siang hari, anak memanfaatkan cahaya sinar matahari. Dengan begitu sinar matahari alangkah lebih baik jika masuk kedalam.

l  Layout ruang dan tata letak perabotan. Dalam kamar tentu tata letak perabotan harus tepat dengan begitu tidak mengganggu ruang gerak anak. Peletakan tata prabotan juga harus tepat dan hindari perabotan yang membahayakan.

l  Isi prabotan dan perlengkapan anak yang nyaman. Di dalam kamar tidur umumnya terdiri dari ranjang beserta kasur dan bantal, meja, kursi dan cermin. Pada kamar anak, di usahakan pilihlah kasur yang nyaman, kemudian pilih seprai dan selimut yang lucu serta sediakan meja belajar dan juga lemari khusus untuk menaruh barang-barang dan buku. Jika anak suka boneka, maka sediakan boneka sebagai teman tidurnya.

Kemudian setelah mengetahui beberapa tips di atas, adapula beberapa desain kamar anak yang bisa dijadikan bahn referensi bagi Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut:

a.      Kamar tidur untuk anak dengan ukuran yang mungil. Untuk ruangan mungil, tentu tidak boleh banayak furnitur agar kamar tidak teras sempit. Maka dari itu, gunakanlah furniture multifungsi yang lebih praktiss dan rapih.

b.      Kamar anak dengan karakter yang paling disukai seperi menyukai karakter spongesbope maka walpaper kamar, perlengkapan kamar bisa dikreasikan dengan karakter kartun spongesbope.

c.      Desain kamar tidur untuk anak dengan kasur tingkat. Jika anda memiliki anak yang lebih dari satu misalnya dua perempuan semuanya Anda bisa menggunakan konsep ini. Agar anak menjadi lebih akrab dan tidak cemburu antara satu sama lainnya.

d.      Satu kamar terdiri dari dua tempat tidur. Layaknya kasur tingkat, kamar dengan desain ini bisa digunakan untuk Anda yang memiliki dua anak. Dengan begitu akan lebih menghemat ruang. Namun demikian, alangkah lebih baik jika ruangan kamar dibuat lebar dan memanjang, sehingga ruang gerak akan semakin luas.

Itulah beberapa desain yang bisa dijadikan sebagai contoh jika kebingungan dalam memilih konsep maupun desain untuk anak. Pada dasarnya, yang perlu Anda perhatikan adalah tema, jenis tempat tidur yang sesuai, pemilihan furnitur yang serbaguna, awet dan tidak membahayakaan jika tanpa pengawasan orang tua, kelengkapan isi seperi mainan, buku bacaan dan lain sebagainya.

Selain itu pemilihan warna yang ceria dan membuat susana betah. Untuk lebih lengkap tambahkan meja belajar ataupun karpet sebagai tempat untuk anak mengekspresikan diri. Dengan adanya kreasi pada kamar, tentu anak akan merasa nyaman dan tidak cepat bosen. Oleh karena itusangat penting untuk mnegetahui selera dari anak.

Demikian inspirasi kamar tidur anak yang bisa Anda kreasikan. Dengan begitu akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tipe biasanya. Karena sudah merasa nyaman, biasanya anak tidak mudah untuk cepat ganti. Dengan begitu tentu akan membuat lebih hemat. Yang terakhir, tetap jaga kebersihan dan kerapihan anak. Anda bisa memberikan pengarahan kepada anak agar selalu memebersihkan dan merapikannya sendiri sehingga lebih mandiri.