Investasi Syariah Dibawah 1 Juta


Investasi Syariah Dibawah 1 Juta

Masyarakat Indonesia memiliki banyak penduduk yang menganut agama Islam, sehingga sangat membutuhkan investasi berbasis syariah. Investasi terpercaya yang halal juga dapat menghasilkan keuntungan yang sebanding dengan investasi biasa. Berikut empat jenis investasi halal yang dapat dilakukan karena investasi ini menurut syariat agama Islam yang benar.

4 Investasi Syariah Dibawah 1 Juta


1.Reksadana Syariah
Reksadana syariah merupakan salah satu jenis investasi yang berbasis syariah. Banyak sekali jenis reksadana ini, seperti pasar uang, campuran, pendapatan tetap bahkan saham. Dengan beberapa pilihan tersebut, anda tinggal memilih jenis investasi apa yang di inginkan. Salah satu keunggulan jenis investasi ini adalah dengan adanya fitur cleansing atau pembersihan.

Cleansing adalah fitur pembersihan reksadana sehingga pendapatan yang dihasilkan akan sesuai dengan prinsip syariah. Pendapatan yang tidak sesuai syariat tersebut akan digunakan lebih lanjut untuk berbagai kegiatan amal. Contoh pendapatan ini adalah bunga yang didapatkan dari bank jika manajer investasi terlambat menginvestasikan uang yang telah dihimpun tersebut.

2.Saham Syariah
Saham syariah adalah jenis investasi syariah yang memiliki banyak peminat. Saham yang dimaksud terhimpun dalam daftar resmi ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia). Ada sekitar 407 saham syariah yang terdaftar sejak akhir tahun 2018, dan jumlahnya terus bertambah. Saham ini berasal dari bisnis yang berbasis syariah dan tidak melanggar ajaran agama Islam seperti sistem riba.

Saham syariah ini dapat dibeli semua kalangan, karena ada yang hanya seharga 60 ribu rupiah saja per lembar. Untuk saham yang berasal dari usaha rokok, bank konvensional, hotel, minuman keras dan lainnya tidak dapat bergabung ke dalam ISSI. Jadi dipastikan saham yang berada di ISSI sudah sangat aman, halal, tidak riba dan menurut syariat Islam.

3.Sukuk Negara Ritel
Investasi ini adalah yang paling aman karena berupa surat utang negara. Sukuk dapat dipesan melalui bank syariah yang telah banyak terdapat di Indonesia. Akad ijarah adalah akad yang dilakukan untuk melakukan pemesanan surat utang negara berbasis syariah ini. Namun sukuk ini hanya dapat dibeli oleh warga negara Indonesia saja.

Sukuk memiliki harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar satu juta rupiah. Meski sedikit mahal karena dijamin langsung oleh negara membuat investasi ini sangat aman. Keuntungan yang didapatkan melalui investasi ini cukup besar. Setiap surat negara yang dibeli dapat menghasilkan keuntungan 7 hingga 8 persen dalam satu tahun

4.Emas Syariah
Emas syariah dapat dijadikan salah satu pilihan investasi halal yang sesuai syariat Islam. Emas ini dapat dibeli atau di cicil melalui bank syariah yang menyediakan jasa tersebut. Investasi emas diketahui sebagai salah satu investasi yang aman dan minim resiko. Hal ini karena emas merupakan salah satu jenis investasi yang stabil karena harga yang cenderung terus naik.

Saat ini harga satu gram emas mencapai 600 ribu rupiah. Jadi untuk berinvestasi emas melalui bank syariah anda perlu menyiapkan uang di bawah satu juta rupiah saja. Anda bisa mulai mencicil dengan membeli emas sedikit demi sedikit atau istilahnya menabung emas. Investasi emas juga sangat aman untuk dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Amartha.com adalah situs investasi berbasis syariah yang dapat anda coba. Berinvestasi di sini hanya memerlukan dana di bawah 1 juta bahkan bisa dengan dana 100 ribu rupiah saja. Selain berinvestasi anda juga sekaligus membantu sesama yang membutuhkan. Anda bisa menginvestasikan uang anda untuk membantu para pengusaha yang kekurangan modal di desa.