Melihat Arti Mata Kedutan Sebelah Kiri dari Sisi Medis


Pernah mendengar orang yang mengatakan pernyataan mengenai mata kedutan sebelah kiri itu tandanya akan mendapatkan rejeki nomplok? Entah hanya mitos atau memang fakta hal tersebut, tetapi banyak orang percaya. Jadi itu merupakan suatu kondisi dimana daerah sekitar mata berdenyut atau bergetar secara terus menerus. Mulai dari bagian kelopak mata, bawah mata, hingga bagian alis. Meskipun tidak selalu mengalami tetapi hampir semua orang sudah pernah merasakan karena memang hal itu terjadi secara tiba-tiba. Lalu, seperti apa hal tersebut dilihat dari sisi medis?


Secara umum memang kedutan di area sekitar mata itu tidak sakit, tetapi jika hal tersebut terjadi secara terus menerus bahkan bisa membuat kelopak membuka dan menutup kembali pasti akan menjadi masalah. Secara umum memang tidak diketahui secara pasti penyebab hal tersebut, tetapi ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui. Umumnya berbagai kegiatan harian itu bisa disebut pula sebagai penyebab. Nah, inilah beberapa kemungkinan pemicunya yaitu:

1. Kelelahan atau kurang tidur.
Setelah seharian memaksa mata untuk bekerja secara maksimal tentu butuh istirahat yang cukup. Namun terkadang hal tersebut tidak dilakukan dengan baik orang kebanyakan orang yang mengakibatkan kelelahan. Jika kurang tidur, sudah pasti akan menjadi pemicu masalah pada mata. Umumnya kantung mata yang membesar dan menghitam, lalu terjadilah kedutan di sekitaran mata.

2. Konsumsi kafein.
Kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia, tidak heran karena ini merupakan salah satu negara penghasil kopi. Tetapi terlalu banyak mengkonsumsi hal tersebut dapat menyebabkan masalah kedutan. Sebenarnya bukan saja kopi, tetapi beberapa minuman yang mengandung kafein seperti teh, coklat, soda dan beberapa lainnya.

3. Merokok dan minum alkohol.
Tidak berbeda dengan jenis minuman berkafein, untuk penyebab mata kedutan sebelah kiri juga bisa dipicu masalah merokok atau minum minuman yang beralkohol. Selain itu kebiasaan merokok yang terlalu sering juga menjadi penyebabnya. Hal itu menjadi kombinasi yang cukup tidak baik dan dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

4. Terlalu lama menatap gadget.
Saat ini masyarakat memang tidak bisa dipisahkan dengan berbagai jenis layar yang dapat merusak bagian mata. Bukan saja dari televisi tetapi saat ini lebih besar pada bagian gadget yang banyak digunakan. Otot mata yang sering digunakan menjadi satu masalah khusus terjadinya kedutan.

Selain dari beberapa aktivitas atau kebiasaan seperti diatas, kedutan yang ada pada bagian mata kiri juga disebabkan oleh masalah kesehatan. Tidak jarang dalam dunia medis dikatakan, kedutan pada bagian mata kiri yang terlalu sering itu bisa menjadi indikasi masalah penyakit serius. Nah, supaya Anda lebih waspada ada beberapa penyakit yang bisa dialami seperti blepharospasm, hemifical spasm, bells pallsy, dystonia, multiple sclerosis dan masih ada beberapa lainnya. Untuk lebih jelas seperti apa saja masalah tersebut bisa langsung konsultasikan pada dokter ahli.

Meskipun kedutan bukan sesuatu yang terlalu dikhawatirkan, tetapi jangan jadikan hal itu sepele. Artinya tetap harus ada konsentrasi khusus untuk melakukan cara mengatasi yang tepat, baik secara alami ataupun dari dokter ahli. Banyak ahli medis yang bisa membantu mata kedutan sebelah kiri terlalu sering. Tetapi jika memang hal tersebut hanya terjadi sekali atau dua kali saja bisa jadi indikasi seperti diatas misalnya saja kelelahan, kecapean ataupun yang lain sebagainya. Sekian, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat.